Minggu, 01 Juli 2012

Metode Sabun Colek Untuk Pengecatan

Dalam melaksanakan pekerjaan pengecatan kayu, terutama pada pekerjaan jendela bouvenlight dan daun pintu berkaca, seringkali tidak bisa dihindari kaca menjadi kotor karena terkena cat. Untuk mengatasi noda cat tersebut ada 2 (dua) cara yang umum dipakai pada saat ini, yaitu:
  1. Kaca ditutup sementara dengan kertas koran atau seal tape sebelum dilakukan pengecatan.
  2. Kaca tidak ditutup tetapi bagian yang terkena cat dibersihkan dengan menggunakan silet atau cutter setelah selesai dilakukan pengecatan.
Cara yang pertama jarang digunakan tetapi memakan waktu di dalam persiapannya. Sedangkan cara yang kedua lebih banyak digunakan namun tingkat kebersihan kaca akibat noda cat tidak bisa dipastikan. Kedua cara tersebut di atas disadari atau tidak menyebabkan naiknya biaya bahan bantu atau biaya upah serta membutuhkan waktu yang lama di dalam pelaksanaannya.

Ada cara lain yang lebih praktis dan lebih murah untuk dilaksanakan, yaitu dengan "Metode Air Sabun Colek". Metode air sabun colek telah diterapkan di dalam beberapa proyek dengan hasil yang memuaskan.

Sabun colek ternyata tidak hanya berfungsi untuk mencuci piring dan gelas (pekerjaan dapur), tetapi dapat juga berguna untuk membantu pekerjaan finishing suatu bangunan baik itu rumah tinggal ataupun gedung bertingkat.

Langkah-langkah dalam metode air sabun colek tersebut di atas adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. Sabun krim colek
  2. Air bersih
  3. Kain lap
Metode pelaksanaan:
  1. Bersihkan permukaan kaca sebelum kayu dicat.
  2. Oleskan larutan air sabun yang telah disiapkan pada permukaan kaca.
  3. Cat bingkai jendela bouvenlight atau daun pintu berkaca.
  4. Setelah cat kering, bersihkan permukaan kaca dengan menggunakan kain lap basah.
 Metode tersebut dapat juga diterapkan pada pekerjaan plitur untuk jendela berkaca serta dapat pula digunakan untuk mencegah noda pada kayu pintu, jendela dan list plafond pada saat dilakukan pengecatan pada dinding dengan cara seperti yang telah dijelaskan di atas. Tetapi yang diolesi air sabun colek adalah kayu yang telah difinishing.

Demikian metode merapikan pengecatan dengan menggunakan air sabun colek. Semoga dapat berguna bagi yang memerlukan alternative metode untuk pekerjaan konstruksi, khususnya pekerjaan pengecatan dinding.

Sampai bertemu kembali dengan metode lainnya. Salam,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar