Senin, 02 Juli 2012

Metode Kolom & Balok Praktis dari Besi Canal "C"

Kita sudah mengenal pelaksanaan kolom dan balok praktis dengan menggunakan cor insitu dan sistem precast. Pada saat ini akan dikenalkan bagaimana pembuatan kolom dan balok praktis dengan menggunakan besi canal "C" (Lip Channel "C" 100.50.20.2,3).

Pemakaian besi canal "C" sebagai kolom dan balok praktis sudah sering dilaksanakan pada proyek-proyek dengan ide pemikiran meminimalkan kelemahan-kelemahan yang masih terjadi pada kedua sistem terdahulu, antara lain:
  1. Hasil pengecoran kurang rapi.
  2. Kelurusan / ketegakan kurang sempurna.
  3. Waktu pelaksanaan lebih lama.
  4. Lebih berat.
Dengan menggunakan besi canal "C' semua persoalan di atas dapat dihindari dan pelaksanaan dapat lebih cepat, lebih rapi, lebih lurus dan yang lebih penting biaya relatif lebih murah. Adapun urutan untuk pelaksanaannya adalah sebagai berikut:
  1. Daerah yang akan dipasang dinding batu bata dimarking terlebih dahulu.
  2. Pasang canal "C" arah vertikal, sambungkan dengan kolom dan balok menggunakan besi siku dan dynabolt.
  3. Pada bagian yang berhubungan dengan bata, canal "C" diberi angkur sebagai ikatan dengan bata.
  4. Pasang canal "C" arah horisontal, sehingga antara rangka vertikal terhubungkan.
  5. Untuk rangka horisontal bentang panjang (lokasi kusen pintu / jendela) harus diperkuat dengan trekstang dan dihubungkan dengan atap memakai dynabolt.
  6. Untuk merekatkan adukan dengan canal "C" digunakan kawat ayam dengan cara dililitkan pada profil canal "C".
  7. Setelah terpasang dilanjutkan dengan pemasangan batu bata. Canal "C" dapat berfungsi juga sebagai kepalaan dalam pemasangan batu bata agar hasil yang didapatkan tegak lurus.
Demikian metode pemasangan kolom / balok praktis dari besi canal "C". Semoga dapat berguna bagi yang memerlukan  alternative metode untuk pekerjaan konstruksi, khususnya pekerjaan kolom/balok praktis. Yang tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan di proyek.

Sampai bertemu kembali dengan metode lainnya. Salam,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar